Isra Mi’raj: Perjalanan Ilahi dalam Tradisi Islam

Isra Mi’raj: Perjalanan Ilahi dalam Tradisi Islam

Isra Mi’raj, sebuah peristiwa luar biasa dalam sejarah Islam, merujuk pada perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjid Al-Aqsa di Jerusalem, dan kemudian melalui lapisan-langit-langit menuju Sidratul Muntaha di langit ketujuh. Peristiwa ini terjadi pada malam yang dikenal sebagai Lailatul Isra atau Nisf Sha’ban, sekitar satu tahun sebelum hijrah Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah.

Perjalanan Isra Mi’raj dimulai ketika Malaikat Jibril datang kepada Nabi Muhammad SAW di Masjidil Haram dan membawa Buraq, makhluk luar biasa yang lebih cepat dari kilat. Dengan naik Buraq, Nabi Muhammad pergi ke Masjid Al-Aqsa, di mana beliau memimpin shalat bersama para nabi sebelumnya. Ini adalah momen ketika Nabi Muhammad menerima perintah salat lima waktu dari Allah SWT.

Setelah itu, dimulailah perjalanan Mi’raj, di mana Nabi Muhammad SAW dinaikkan melalui lapisan-langit-langit. Setiap langit dikunjungi oleh Nabi Muhammad dan disambut oleh para nabi dan malaikat. Di setiap lapisan, Nabi Muhammad melihat keajaiban ciptaan Allah, dari malaikat hingga makhluk-makhluk langit.

Puncak perjalanan ini adalah saat Nabi Muhammad mencapai Sidratul Muntaha, tempat di mana ia berdialog langsung dengan Allah SWT. Selama dialog ini, Allah memberikan wahyu terakhir, termasuk perintah untuk melaksanakan salat lima waktu. Nabi Muhammad juga menerima instruksi mengenai puasa Ramadan dan hukum-hukum Islam lainnya.

Isra Mi’raj adalah bukti kebesaran dan keagungan Allah SWT serta mengukuhkan status Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya. Peristiwa ini memberikan dorongan spiritual dan petunjuk hukum yang esensial bagi umat Islam. Sejak saat itu, Isra Mi’raj dirayakan oleh umat Islam setiap tahunnya sebagai momen penting dalam sejarah keagamaan, mengingatkan umat Islam akan perjalanan luar biasa Nabi Muhammad yang menghadap Allah dan menerima wahyu terakhir.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *