Amalan Hebat di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah

dalil amalan Dzulhijjah_Puasa_Sunnah

Amalan Hebat di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan pahala berlimpah di hari-hari yang dicintai oleh Allah. Tentu semua menginginkannya. Namun banyak sekali yang bingung, mau memulai dari mana atau amalan mana yang mau diistimewakan. Banyak Ulama terlah bersepakat kalau 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah itu sangat utama, berdasarkan hadits berikut ini :

روى البخاري رحمه الله عن ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام – يعني أيام العشر – قالوا : يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله ؟ قال ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ثم لم يرجع من ذلك بشيء

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, rahimahullah, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun“.

Banyak sekali amalan yang Allah syari’atkan di Bulan Dzulhijjah ini. Diantaranya berupa Haji dan Umroh, Berpuasa selama 9 hari terutama di hari Arafah serta yang utama banyak melakukan amal Sholih selama 10 Hari pertama dibulan Dzulhijjah. Lalu amal Sholih apa aja sih yang ringan untuk kita kerjakan namun Pahalannya berlipat ganda banyak banget??

Amalan ringan yang bisa dilakukan di bulan Dzulhijjah??
1. Berpuasa selama hari-hari tersebut

Puasa adalah salah satu amalan yang bisa kita lakukan tanpa tambahan biaya melebihi biasanya. Cukup bangun sahur dan menahan sampai terbenamnya matahari. Jadi jika kita mampu berpuasa tentu jangan lewatkan kesempatan ini untuk berpuasa.

Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri, Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
ما من عبد يصوم يوماً في سبيل الله ، إلا باعد الله بذلك اليوم وجهه عن النار سبعين خريف
“Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun“. [Hadits Muttafaqun ‘Alaih].

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah rahimahullah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
صيام يوم عرفة أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله والتي بعده .
“Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”.

Keutamaan Berpuasa sangat besar. Yuk berpuasa di hari-hari yang ada.

 2. Banyak membaca Takbir dan Berdzikir pada hari tersebut

Amalan yang bisa kita lakukan kapan saja dalam kegiatan apa saja. Tentu ditempat selain Kamar Mandi yaa. Jadi kita bisa tuh sambil jalan berdzikir. Sambil rebahan berdzikir. Berdzikir setiap saat, dijamin deh hati kita makin tenang.

Sebagaimana firman Allah Ta’ala.

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ

“…. dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan …”. [al-Hajj/22 : 28].

Para ahli tafsir menafsirkannya dengan sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Karena itu, para ulama menganjurkan untuk memperbanyak dzikir pada hari-hari tersebut, berdasarkan hadits dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma.

فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد

“Maka perbanyaklah pada hari-hari itu tahlil, takbir dan tahmid“. [Hadits Riwayat Ahmad].

Amalan yang mudah banget kita kerjakan kapan saja dimana aja. Yuk senantiasa Berzikir kepada Allah terutama di hari hari 10 pertama bulan Dzulhijjah yaa.

3. Berwakaf ataupun Bersedekah di Bulan Dzulhijjah

Ingat lhoo. Berwakaf ataupun bersedekah tidak melulu harus nominal besar. Bisa juga kita bersedekah dengan nominal kecil. Allah itu gapernak kok melihat berapa nominal yang kita keluarkan. Sedekah diem-diem baik, terang-terangan juga boleh. Yang jadi masalah kita diem-diem gapernah sedekah. Nah itu yang bahaya. Jadi mari kita senantiasa bersedekah termasuk Wakaf Pembangunan untuk Masjid ataupun Pondok Pesantren.

Pahala yang kita dapat tentu pahala Jariyah, dilipat gandakan di hari-hari seperti ini tentu sebuah keuntungan bukan? Kapan lagi kita bisa bersedekah paling dicintai oleh Allah kalau tidak memanfaatkan waktu yang baik seperti 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah.

Sedekah_pembangunan_jariyah_yatim_piatu

Jangan lupa bersedekah yaa. Oh iyaa ada info nih.
Rumah Tahfidz Zaid bin Tsabit masih terus melakukan pembangunan Lhoo, yakin gamau ambil kesempatan dalam berwakaf??
Mayoritas santrinya dari kolongan Yatim Piatu dan Dhuafa, dibebaskan dalam biaya. Jadi dengan kita berwakaf kepada mereka tentu dong amal Jariyah gaakan terputus. Akan selalu mengalir sampai hari Akhir kelak.

4. Perbanyak beramal sholeh di Bulan Dzulhijjah

Selain amalan yang disebutkan diatas.  Masih banyak lagi hal-hal baik yang bisa kita lakukan. Seperti berbuat baik kepada kedua orang tua. Ataupun membantu saudara yang sedang membutuhkan. Yuk perbanyak amal kebajikan di bulan ini dan bulan bulan berikutnya.

Semoga Allah senantiasa menguatkan kita untuk terus istiqomah berbuat baik di semua bulan. Kapanpun dan dimanapun. Dan Allah senantiasa memudahkan segala urusan kita sehingga kita bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala Aamiin.


Yuk salurkan donasi terbaik anda bersama kami. Untuk Pembangunan Rumah Tahfidzul Qur’an Zaid bin Tsabit yang InSyaaAllah dapat mengalirkan Pahala Jariyah sampai hari akhir nanti. Aamiin

Mari Salurkan donasi kalian melalui rekening dibawah ini:
BNI                         : 0378697001
A.n Yayasan Subulussalam Nusantara

Konfirmasi Donasi Melalui
+62 857-9922-2011 (Ustadz Heri)
+62 812-9987-7705 (Ustadz Umar)

Semoga Donasi yang anda berikan dapat menjadi penolong kita diakhirat kelak Aamiin…