Corona Menyebar di Indonesia?? Himbauan untuk umat Islam!!

Corona
Ilustrasi Cek Corona Virus | Edited : Subulussalamnusantara

Corona Menyebar di Indonesia, ini himbauan dari MUI

Subulussalamnusantara.org | Jakarta – Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) beberapa waktu lalu menghimbau seluruh ummat islam untuk melakukan Qunut Nazilah. Hal itu diputuskan oleh MUI dikarenakan menyebarnya virus yang sangat berbahaya di berbagai Negara Dunia.

Dan beberapa waktu lalu lebih tepatnya pada hari Senin,2 Maret 2020 Bapak Presiden Republik Indonesia (Bapak Joko Widodo) berkata bahwa “Dicek tadi pagi, saya dapat laporan dari Pak Mentri Kesehatan (Terawan Agus Putranto) bahwa ibu ini dan putrinya positif corona.” Kata Jokowi di Istana Merdeka.

Dikarenakan perkataan Pak Presiden yang menghebohkan seluruh masyarakat Indonesia hingga banyak pedagang yang memanfaatkan momen untuk berjualan masker dengan biaya yang sangat mahal bahkan mencapai Rp. 350.000,- . Berhubung dengan itu Wasekjen MUI menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan Qunut Nazilah.

“Mengajak umat Islam untuk melakukan Qunut Nazilah, berdoa untuk menangkal turunnya mala petaka di setiap shalat fardhu,” ujar Wasekjen MUI, Sholahuddin Al Ayyubi dalam konferensi pers di Kantornya, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (04/03/2020).

Lalu bagaimanakah tanggapan Islam dalam menyikapi Qunut Nazilah tersebut? Apakah ada tuntunannya dari Rasulullah untuk melakukan Qunut Nazilah ketika ada musibah? Mungkin banyak ummat islam yang menanyakan akan hukum tersebut, lalu bagaimana jawabannya?

Landasan Dalil Qunut Nazilah..

Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu: “Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam terkadang berdoa Qunut (ketika ada musibah) pada shalat Maghrib dan shalat Shubuh”
[HR. Bukhari]

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata: “Sungguh aku bersungguh-sungguh dalam mencontoh shalat Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam”. Dan pernah Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu berdoa Qunut pada raka’at terakhir shalat Zhuhur dan shalat Isya serta shalat Shubuh setelah membaca سمع اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ kemudian ia berdoa untuk kebaikan kaum mu’minin dan keburukan kaum kafir.
[HR. Bukhari-Muslim]

Dengan 2 hadits diatas sudah cukup meyakinkan bahwa membaca Qunut Nazilah disaat adanya musibah itu pernah dilakukan oleh Rasulullah, jadi tak mengapa ketika kita ingin membacanya pada Sholat wajib sekalipun. Tidak ada dalil yang melarang kegiatan ini, jadi dipersilahkan untuk jamaah sekalian jika ingin mengindahkan himbauan dari MUI tersebut.

“Meninggalkan perilaku dzalim, memperbanyak sedekah, dan meninggalkan permusuhan, karena penyebaran virus Corona ini bisa jadi merupakan peringatan dari Allah SWT agar umat Islam semakin mendekatkan diri kepada-Nya,” ujar Sholahuddin.

Yang menciptakan sakit hanyalah Allah, jadi bagaimana cara kita untuk lolos dari berbagai macam penyakit? Yaitu mendekatkan diri pada Allah. Dimana kita bisa melihat sendiri bahwa dunia saat ini sudah semakin banyak bermaksiat kepadaNya. Bisa jadi ini adalah teguran dari Allah untuk hamba-hambaNya yang terus saja bermaksiat kepadaNya.

Mari kita bermuhasabah diri, apa yang sudah kita lakukan. Amal ibadah andalan seperti apa yang telah kita lakukan. Atau berapa banyak maksiat yang telah kita laksanakan. Sungguh bisa jadi ketika Corona sampai ditempat kita, sedangkan diri kita masih berlumur banyak dosa tanpa meminta ampun kepadaNya. Bisa jadi kita menjadi salah satu penderitanya..

Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari berbagai mara Bahaya seperti Virus Corona ini. Marilah kita senantiasa mendekatkan diri pada Allah dengan berbagai amalan juga meninggalkan seluruh laranganNya. Semoga Allah ridho.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa dan anak tetangganya bisa dihapus dengan puasa, shalat, sedekah, dan amar ma’ruf nahi mungkar.”
(HR Al-Bukhari dan Muslim).

Ada berbagai amalan yang bisa kita lakukan guna menghindarkan diri dari rasa sakit. Puasa Sholat, Sedekah juga Amar Ma’ruf Nahi Mungkar. Marilah kita juga memperbanyak sedekah semoga dengan sedekah ini kita bisa senantiasa terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menimpa kita.. Aamiin

Editor : Ahmad Rozi
Sumber : MUI Indonesia

Yuk salurkan donasi kita bagi mereka orang-orang yang membutuhkan.
Sebagai salah satu Ikhtiar kita untuk mendekatkan diri kepada Allah juga membantu mereka yang sedang membutuhkan..


Melalui Rekening Donasi Kami :
Rekening Sedekah, Infaq, dan Wakaf.
BNI 0378697001
A/n. Yayasan Subulussalam Nusantara

Konfirmasi Donasi : +62 898 8891 920